3 Aug 2015

(AFTER) Nonton Catatan Akhir Kuliah

Foto Bersama rekan seperjuangan di Malang

27 Juli 2015... Hari yang ditunggu-tunggu oleh para Mantan Mahasiswa yang hidup di rantauan (sapa lagi kalo bukan Kami) yah... Kami itu adalah Abdur, Alfaneko, Hanung, Adit dan si Mbah kakung kami yang sangat Kami banggakan Endro AS. Berjanji di sebuah bioskop Epicentrum bilangan Jakarta aja, Kami sepakat untuk menonton film aksi perdana sahabat kami Abdur Arsyad. Meski sebelumnya dia pernah bermain di film Air dan Api 2 tetapi film Catatan Akhir Kuliah ini merupakan film perdananya dalam dunia akting.

Yah sudah tahukan "Catatan Akhir Kuliah" ini merupakan sebuah novel karya dari Sam, yang di bukunya itu menceritakan tentang kehidupan kampus, masa gejolak asmara yang berakhir payah hingga berakhir indah pada waktunya. Nah karyanya Sam akhirnya hadir dalam bentuk sebuah maha karya lagi yaitu lewat layar kaca (bioskop) yang di produksi oleh "Dari Hati".

Okeh lanjut, menurut sinopsisnya film ini menceritakan  Sam (Muhadkly Acho), Sobari (ajunPerwira), Ajeb (Abdur Arsyad) membuat sebuah janji akan wisuda bersama, yang diyakini sebagai janji persahabatan mereka. Seiring perjalanan perkuliahan persahabatan mereka dipertaruhkan. Ternyata hingga menjelang batas perkuliahan , hanya Sam yang belum menyelesaikan tugas akhir (Skripsi).

Kesedihan Sam semakin komplit setelah mengetahui Kodok (Anjani Dina) cewek yang ia kagumi sudah memiliki pacar bernama Iwan (Andovi da Lopez). Pengalaman cinta ditolak seperti terulang kembali saat Sam menembak Wibi (Elizya Mulachela) yang lebih memilih setia dengan kekasihnya dikampung halaman. Cinta Sam selalu terjebak dalam situasi Friendzone. Dan Sam berada di titik terbawah dalam hidupnya. Sam Harus bangkit berjuang menyelesaikan atau harus merelakan semuanya dan menjadi mahasiswa gagal. 

Nah... Setelah menonton film ini Saya pribadi merasa de javu, karena Saya benar-benar mengalami hal yang dialami oleh Sam. Menjadi Mahasiswa yang telat lulus bahasa kampusnya MABA v.2 (Mahasiswa Abadi). Memang kehidupan ini akan tetap selalu berjalan dan Kita tidak hanya bergerak disitu-situ aja, memang kehidupan memberikan Kita pilihan senang namun kelak akan sedih begitu juga seterusnya. Sama halnya dalam pengerjaan skripsi yang dimana kita dituntut harus fokus, tetapi dalam prosesnya ada saja cobaan seperti kumpul bersama teman komunitas, aktif di kegiatan sosial bahkan di media sosial.

Memang tidak salah apa yang Kita lakukan itu namun bisakah kita untuk fokus dengan namanya tugas akhir kuliah atau Skripsi. Belum lagi nantinya akan menjadi bahan jika berkumpul bersama keluarga. Kadang ini menjadi aib melebihi menghamili anak orang,,Upppsss.... Iya karena jika menghamili ya harus nikah... perkara habis. Jika Skripsi? aibnya bisa melebihi itu!!! pertama harus penelitian, ACC dosen, Ujian...fyuuuh ngeri~

Tapi Santai kawans... Janganlah berkecil hati, ada film Catatan Akhir Kuliah yang akan menjadi motivasimu untuk segera menyelesaikan tugas akhirmu. Meski filmnya bergenre komedi selalu ada pesan khusus yang disampaikan dan pada akhirnya menggelitikmu untuk tertawa.

Overall ini merupakan tontonan wajib bagi Mahasiswa yang sudah lama/ belum lulus,,Eiits... iya ini merupakan peluang buat Kamu karena "Jangka waktu kuliah itu tidak diukur dalam kesuksesan seseorang, tapi justru merupakan prestasi tersendiri jika tepat waktu (injury time)". Nah itu, pasti bakal ada jalan sukses bagi mereka yang tak kenal menyerah.

Diakhir cerita ini Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada Sahabat Saya Abdurrahim Arsyad, Selalu sukses hadirkan tawa dan canda untuk Kami semua. Dan secara tidak langsung salut untuk Film Catatan Akhir Kuliah yang mampu memberikan motivasi bagi penonton. Bagi yang belum tonton masih ada kesempatan lho untuk hadir di Bioskop, jangan lupa bawa aja salinan skripsi kamu yang habis dicoret-coret dosen pembimbing :D

2 comments: